INFORMASI :

SELAMAT DATANG DI WEBSITE RESMI PEMERINTAH DESA TANJUNGMERU KECAMATAN KUTOWINANGUN KABUPATEN KEBUMEN

Data Pantauan Corona Desa

Loading..

Arsip Berita

MENCEGAH PADI ROBOH DI SAAT MUSIM HUJAN!!!

MENCEGAH PADI ROBOH DI SAAT MUSIM HUJAN!!!

MENCEGAH PADI ROBOH DI SAAT MUSIM HUJAN!!!

MENCEGAH PADI ROBOH !!!

Sobat Tani. Sebentar lagi para petani Desa Tanjungmeru akan segera panen. Petani berharap semoga tanamannya aman sampai panen dan berharap mendapat hasil yang melimpah. Tanaman padi rebah sebelum panen merupakan salah satu penyebab hilangnya hasil serta mengakibatkan kerugian yang tidak sedikit.

Tanaman padi yang roboh akan mengalami kerusakan pada batang dan kerontokan bulir gabah. Apabila terjadi pada tanaman padi yang baru saja berbulir dapat mengakibatkan perkembangan bulir yang tidak maksimal karena transfer unsur hara tidak sempurna.

Kasus tanaman padi roboh seringkali terjadi menjelang panen terlebih pada musim penghujan.

5 Penyebab Tanaman Padi Rebah
Rebah pada tanaman padi dapat disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain faktor alam seperti angin kencang dan hujan lebat, benih yang digunakan, serangan hama penyakit dan faktor pemupukan. Berikut ini beberapa faktor penyebab tanaman padi roboh;

 
1). Angin Kencang

Angin kencang yang menerpa tanaman padi menyebabkan tanaman padi roboh terutama pada tanaman padi dari varietas dengan batang yang tinggi.

2). Hujan Lebat

Seperti halnya angin kencang, hujan deras juga menyebabkab tanaman padi rebah. Air hujan menyebabkan beban batang tanaman padi lebih berat sehingga roboh karena tidak kuat menopang daun dan bulir yang basah.

3). Varietas Benih

Varietas padi dengan batang yang tinggi lebih rawan rebah terutama pada musim hujan. Oleh karena itu, pada saat musim hujan disarankan menggunakan varietas yang memiliki batang tidak terlalu tinggi.

4). Terlalu Banyak Pemberian Pupuk Nitrogen

Pupuk nitrogen yang berlebih menyebabkan tanaman padi tumbuh terlalu subur sehingga beban tanaman menjadi lebih berat. Terlalu banyak unsur N menyebabkan batang tanaman padi tidak kokoh dan rawan rebah.

5). Serangan Hama Penyakit

Serangan hama atau penyakit yang terjadi pada pangkal batang tanaman padi menyebabkan batang padi rusak atau membusuk sehingga mudah roboh.

5 Cara Mencegah Padi Roboh

Berikut ini cara agar batang tanaman padi kokoh serta beberapa tindakan yang dapat dilakukan untuk mencegah tanaman padi rebah atau roboh ;

1). Menggunakan varietas padi unggul yang memiliki batang tidak terlalu tinggi supaya tidak mudah rebah ketika diterpa angin kencang dan hujan lebat.

2). Pemupukan yang berimbang, pemberian pupuk nitrogen memang membuat tanaman padi menjadi lebih hijau dan subur. Namun apabila berlebihan, unsur nitrogen menyebabkan tanaman padi terlalu subur dan rentan roboh. Oleh karena itu lakukan pemupukan secara berimbang.

3). Memperkuat batang tanaman padi dengan pupuk phosphat dan kalium. Pupuk dengan kandungan unsur P (phosphat) dan K (kalium) berfungsi untuk memperkuat batang tanaman padi sehingga menjadi kokoh dan tidak mudah roboh.

Selain pupuk P dan K, sebagai tambahan pupuk penguat batang dengan kandungan Silika (SiO2). Silika berperan dalam pembentukan dinding sel tanaman, memperkokoh pertumbuhan tanaman sehingga tumbuh tegak dan dapat menangkap sinar matahari untuk proses fotosintesis yang optimal. Di samping itu, Si juga memperkuat ketahanan batang dan daun terhadap serangan ha­ma penyakit dan sebagai penyeimbang unsur hara lain, seperti fosfat dan trace element yang menjadi racun. Si pun berperan dalam mengefisienkan penggunaan air bagi tanaman.

4). Pengendalian hama dan penyakit, serangan hama dan penyakit dapat menyebabkan tanaman padi lemah dan mudah roboh. Pengendalian hama dan penyakit terutama yang menyerang pangkal batang sebaiknya dilakukan sedini mungkin.

Bagikan :

Tambahkan Komentar Ke Twitter

Data Desa

Statistik Pengunjung

Polling 1

Polling 2